Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, proses melamar pekerjaan yang biasanya menggunakan format surat lamaran pekerjaan biasa, di era digital ini banyak mengalami perubahan.
Salah satunya adalah pengiriman surat lamaran yang biasanya dikirim langsung ke perusahaan atau melalui kantor pos kini dapat dikirim langsung melalui Email.
Walaupun tidak semua perusahaan menerima lamaran melalui email, namun sebagian besar perusahaan di zaman era digital ini mengharuskan para pelamar mengirimkan lamaran pekerjaannya melalui surat elektronik atau lebih dikenal sebagai email.
Selain lebih praktis, pengiriman surat lamaran pekerjaan melalui email dapat mempercepat proses pengiriman lamaran seorang pelamar diterima oleh pihak perusahaan.
Proses pengiriman email yang dulu hanya dapat dilakukan melalui komputer/PC. Sejak adanya Smartphone android, kini proses pengiriman email dapat dilakukan melalui HP.
Sehingga dapat dimanfaatkan untuk lebih memudahkan para pelamar melakukan pengiriman email lamaran pekerjaannya.
Lalu bagaimana cara mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email dengan HP android?Dibawah ini kami berikan langkah-langkah proses pengiriman lamaran pekerjaan melalui email dengan HP android sebagai berikut.
1. Siapkan Dokumen Hasil Scan
Langkah awal untuk membuat email lamaran pekerjaan adalah menyiapkan hasil scan berkas-berkas file yang akan dilampirkan sebagai persyaratan sebuah surat lamaran pekerjaan diantaranya :
- KTP
- Ijazah
- Paklaring
- SKCK
- CV (Data riwayat hidup)
- Pas foto 3x4
- dan lain-lain
👉 Cara Scan Melalui HP Android
2. Buka Email
Untuk langkah-langkah kali ini kita menggunakan email dari Google yaitu Gmail. Buka aplikasi Gmail yang ada di HP Android sobat, kemudian tulis email baru seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.
Sebaiknya sobat menggunakan akun email yang menampilkan nama sobat, agar terlihat resmi dan terkesan lebih serius. Sebagai contoh, andysetiawan@gmail.com.
3. Isi Format Email
Langkah selanjutnya adalah mengisi format lamaran email, pada kolom kepada isikan alamat email perusahaan tujuan lamaran, kemudian isi subject Seperti gambar dibawah ini.
4. Isi Surat Lamaran
Setelah format email diisi dengan lengkap, selanjutnya adalah dengan mengisi surat lamaran, bisa menggunakan isi surat dengan format PDF atau sobat ketik langsung isi surat lamaran di HP.
Berikut contoh isi surat lamaran yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan isi surat lamaran hasil tulisan tangan langsung.
5. Lampirkan Document Hasil Scan
Setelah mengisi format email dan mengisi surat lamaran, kemudian upload document hasil scan yang sudah sobat buat sebagai lampiran surat lamaran pekerjaan, dengan cara klik icon yang ditunjukkan tanda panah seperti pada gambar dibawah ini.
Setelah document hasil scan sudah terupload seluruhnya, periksa kembali apakah email lamaran pekerjaan sobat sudah lengkap beserta semua document yang diperlukan dan pastikan alamat email tujuan lamaran ditulis dengan benar.
6. Kirim Email
Langkah terakhir adalah mengirim email surat lamaran pekerjaan sobat. Klik icon disebelah kanan icon lampiran pada gambar dilangkah nomor 5.
Kemudian tunggu beberapa saat sebelum email terkirim ke alamat email perusahaan tujuan. Jika email berhasil terkirim, maka email akan tampil pada menu Terkirim di aplikasi Gmail sobat, sedangkan jika email gagal terkirim maka akan tampil pada menu Kotak Keluar di aplikasi Gmail.
Demikian Cara Membuat Dan Mengirim Lamaran Pekerjaan Melalui Email di HP Android, semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat.
Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan atau terdapat kata-kata yang kurang dipahami dalam artikel ini.
Silahkan share jika artikel ini bermanfaat dan dapat membantu rekan para pencari kerja lainnya.